- BERIKANLAH PENJELASAN DAN CONTOH-CONTOH:
- Pembelajaran Yang Mengakrabkan Siswa Dengan Lingkungan
Melalui pembelajaran
ini maka diharapkan siswa dapat akrab dengan lingkungan sekitarnya.
Pembelajaran yang baik bagi anak SD adalah memberikan contoh nyata
dalam kehidupan salah satu contohnya adalah dengan media Lingkungan.
CONTOH
Mata
Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas :
I
Semester :
1 (Gasal)
Standar
Kompetensi : 1. Mengekspresikan
Karya Seni Rupa
Kompetensi
Dasar : 1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur
rupa pada benda
di alam sekitar
Materi pokok :
Benda
di sekitarku, benda yang indah
Siswa
diminta untuk mengemukakan pendapat tentang benda-benda di sekitar
mereka. Contohnya pada gambar dibawah ini,
Desaku
yang kucinta sangat indah.
Penuh
dengan pepohonan, sungai mengalir tenang dan indah. Sawah luas hijau
membentang.
- Mengoptimalkan Budaya Lokal
Budaya
Lokal Indonesia
adalah seluruh kebudayaan
nasional,
kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di
Indonesia sebelum Indonesia
merdeka pada tahun 1945.
Dengan pengetahuan akan kekayaan budaya sendiri maka diharapkan siswa
akan lebih CINTA produk tanah air, mencintai budaya Indonesia serta
melestarikannya.
Kelas :
V
Semester :
I
(Ganjil)
Standar
Kompetensi : 1.
Mengapresiasi
karya seni rupa
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mengidentifikasi
jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat.
Materi Pokok :
Jenis motif hias.
Sub Materi Pokok
: Mengidentifikasi jenis motif hias.
CONTOH
Siswa diminta untuk
mencari motif- motif hias pada gambar. Misalnya: pada
wayang orang terdapat motif hias batik.
- Menanamkan Kesadaran Kritis.
Kesadaran kritis
diperoleh salah satunya dengan mempelajari seni budaya yang ada baik
di daerah setempat, nusantara
maupun mancanegara.Untuk
anak SD dapat mengamati budaya lokal setempat untuk memperoleh
kesadaran kritis tersebut.
CONTOH
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas :
IV
Semester :
1 (gasal)
Standar
kompetensi : 1. Mengapresiasi
karya seni rupa
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan
yang
ada di daerah setempat.
Materi
Pokok : Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya
seni
rupa
Siswa
diminta untuk mengamati mencari
persamaan dan perbedaan dari karya seni wayang golek dan wayang
kulit.
Wayang Golek
Wayang
kulit
Dengan demikian maka
anak akan memiliki kesadaran kritis akan perbedaan dan persamaan
antara Wayang kulit dengan Wayang Golek.
- MEMBERIKAN PENJELASAN DAN CONTOH-CONTOH:
- Pemberian unsur bermain
Permainan
merupakan bagian mutlak
dari kehidupan anak-anak.
Permainan
adalah usaha
olah
diri (olah pikiran dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi
peningkatan dan
pengembangan
motivasi, kinerja, dan prestasi
dalam melaksanakan tugas dan
kepentingan
organisasi dengan lebih baik.
Menurut
piaget pemikiran anak SD disebut dengan pemikiran
Operasional konkrit (aktifitas
mental difokuskan pada objek-objek yang nyata/ konkrit). Sehingga
dengan adanya metode pemberian unsur bermain adalam pembelajaran ini
diharapkan anak akan memperoleh pengetahuan bukan karena paksaan
tetapi dengan hati yang riang gembira sehingga mudah untuk
menerimanya.
CONTOH
Mata
Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas :
III
Semester :
II
(Genap)
Standar
Kompetensi : 14.
Membuat
benda yang dapat digerakkan
oleh angin secara
sederhana
Kompetensi
Dasar : 14.3
Membuat
benda yang dapat digerak
kan oleh angin
dari bahan kertas.
Materi Pokok :
Benda yang digerakkan angin
Dalam materi ini
siswa diajak membuat kincir angin sederhana, disini anak akan merasa
kegembiraan dalam membuat kincir angin. Secara tidak sadar mereka
telah belajar sambil bermain.
Contoh Gambar kincir
angin Sederhana dari Kertas
- Dorongan mencipta sesuai kebutuhan dan minat
Tidak ada seorang
pun yang tidak berbakat, yang membedakan ialah ada tidaknya minat
untuk mengembangkannya. Bakat merupakan potensi bawaan yang dimiliki
manusia, sedangkan minat tercipta karena adanya ketertarikan kuat
atas sesuatu.
Mata
Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas :
III
Semester :
I
(Ganjil)
Standar
Kompetensi : 2.
Mengekpresikan
diri melaui karya seni rupa
Kompetensi
Dasar :
2.3
Mengekpresikan diri melaui gambar imajinatif
mengenai
diri sendiri
Materi
Pokok :
Gambar
Imajimanitf
CONTOH
Siswa diminta untuk
menggambar imajinatif sesuai dengan keinginannya, bebas berekspresi
kemudian menuliskannya pada sebuah cerita.Disinilah pentingnya
seorang guru untuk memberikan masukan-masukan moral kepada
siswa,mengetahui bakat dan minatnya. Mereka akan mencipta sesuai
dengan bakat dan minatnya. Contoh:
Aku suka memancing bersama Ayahku.
Setiap kali memancing aku mendapat banyak ikan. Aku suka memancing di
danau belakang rumah yang indah dan sejuk.
- Memberi kesempatan kebebasan berekspresi dan berkreativitas
Eksperesi adalah
pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau
menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dsb).
Sedangkan
kreatifitas merupakan suatu bidang kajian yang kompleks, yang
menimbulkan berbagai perbedaan pandangan.
Mata
Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas :
I
Semester :
2 (Genap)
Standar
Kompetensi : 9. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni
Rupa
Kompetensi
Dasar : Memberi
Hiasan Atau Warna Pada Benda Tiga Dimensi
Materi
Pokok : Warna, Benda Tiga Dimensi
CONTOH
Pada siswa
kelas2 ini, guru bisa memberikan materi tentang
memberi hiasan pada benda tiga dimensi
dengan pemantaatan benda-benda bekas di sekelilingnya.Adapun
pengertian dari benda
3 dimensi
atau biasa disingkat 3D
atau disebut ruang,
adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang,
lebar,
dan tinggi.
Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni,
animasi,
komputer
dan matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar