Kamis, 24 November 2011

Seni Rupa
















  1. BERIKANLAH PENJELASAN DAN CONTOH-CONTOH:
  1. Pembelajaran Yang Mengakrabkan Siswa Dengan Lingkungan
Melalui pembelajaran ini maka diharapkan siswa dapat akrab dengan lingkungan sekitarnya. Pembelajaran yang baik bagi anak SD adalah memberikan contoh nyata dalam kehidupan salah satu contohnya adalah dengan media Lingkungan.
CONTOH
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas : I
Semester : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi : 1. Mengekspresikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar : 1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur
rupa pada benda di alam sekitar
Materi pokok : Benda di sekitarku, benda yang indah


Siswa diminta untuk mengemukakan pendapat tentang benda-benda di sekitar mereka. Contohnya pada gambar dibawah ini,
Desaku yang kucinta sangat indah.
Penuh dengan pepohonan, sungai mengalir tenang dan indah. Sawah luas hijau membentang.









  1. Mengoptimalkan Budaya Lokal
Budaya Lokal Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Dengan pengetahuan akan kekayaan budaya sendiri maka diharapkan siswa akan lebih CINTA produk tanah air, mencintai budaya Indonesia serta melestarikannya.
Kelas : V
Semester : I (Ganjil)
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat.
Materi Pokok : Jenis motif hias.
Sub Materi Pokok : Mengidentifikasi jenis motif hias.


CONTOH












Siswa diminta untuk mencari motif- motif hias pada gambar. Misalnya: pada wayang orang terdapat motif hias batik.














  1. Menanamkan Kesadaran Kritis.
Kesadaran kritis diperoleh salah satunya dengan mempelajari seni budaya yang ada baik di daerah setempat, nusantara maupun mancanegara.Untuk anak SD dapat mengamati budaya lokal setempat untuk memperoleh kesadaran kritis tersebut.
CONTOH
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas : IV
Semester : 1 (gasal)
Standar kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan

yang ada di daerah setempat.

Materi Pokok : Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya
seni rupa















Siswa diminta untuk mengamati mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni wayang golek dan wayang kulit.






Wayang Golek

Wayang kulit





Dengan demikian maka anak akan memiliki kesadaran kritis akan perbedaan dan persamaan antara Wayang kulit dengan Wayang Golek.
  1. MEMBERIKAN PENJELASAN DAN CONTOH-CONTOH:
  1. Pemberian unsur bermain
Permainan merupakan bagian mutlak dari kehidupan anak-anak. Permainan adalah usaha olah diri (olah pikiran dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.
Menurut piaget pemikiran anak SD disebut dengan pemikiran Operasional konkrit (aktifitas mental difokuskan pada objek-objek yang nyata/ konkrit). Sehingga dengan adanya metode pemberian unsur bermain adalam pembelajaran ini diharapkan anak akan memperoleh pengetahuan bukan karena paksaan tetapi dengan hati yang riang gembira sehingga mudah untuk menerimanya.
CONTOH
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas : III
Semester : II (Genap)
Standar Kompetensi : 14. Membuat benda yang dapat digerakkan
oleh angin secara sederhana
Kompetensi Dasar : 14.3 Membuat benda yang dapat digerak
kan oleh angin dari bahan kertas.
Materi Pokok : Benda yang digerakkan angin








Dalam materi ini siswa diajak membuat kincir angin sederhana, disini anak akan merasa kegembiraan dalam membuat kincir angin. Secara tidak sadar mereka telah belajar sambil bermain.
Contoh Gambar kincir angin Sederhana dari Kertas




  1. Dorongan mencipta sesuai kebutuhan dan minat
Tidak ada seorang pun yang tidak berbakat, yang membedakan ialah ada tidaknya minat untuk mengembangkannya. Bakat merupakan potensi bawaan yang dimiliki manusia, sedangkan minat tercipta karena adanya ketertarikan kuat atas sesuatu.
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas : III
Semester : I (Ganjil)
Standar Kompetensi : 2. Mengekpresikan diri melaui karya seni rupa
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengekpresikan diri melaui gambar imajinatif
mengenai diri sendiri
Materi Pokok : Gambar Imajimanitf


CONTOH










Siswa diminta untuk menggambar imajinatif sesuai dengan keinginannya, bebas berekspresi kemudian menuliskannya pada sebuah cerita.Disinilah pentingnya seorang guru untuk memberikan masukan-masukan moral kepada siswa,mengetahui bakat dan minatnya. Mereka akan mencipta sesuai dengan bakat dan minatnya. Contoh:








Aku suka memancing bersama Ayahku. Setiap kali memancing aku mendapat banyak ikan. Aku suka memancing di danau belakang rumah yang indah dan sejuk.







  1. Memberi kesempatan kebebasan berekspresi dan berkreativitas
Eksperesi adalah pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dsb). Sedangkan kreatifitas merupakan suatu bidang kajian yang kompleks, yang menimbulkan berbagai perbedaan pandangan.
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas : I
Semester : 2 (Genap)
Standar Kompetensi : 9. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni
Rupa
Kompetensi Dasar : Memberi Hiasan Atau Warna Pada Benda Tiga Dimensi
Materi Pokok : Warna, Benda Tiga Dimensi


CONTOH











Pada siswa kelas2 ini, guru bisa memberikan materi tentang memberi hiasan pada benda tiga dimensi dengan pemantaatan benda-benda bekas di sekelilingnya.Adapun pengertian dari benda 3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar